Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al Quran

Apakah tanda-tanda kiamat menurut Al Quran dan tanda-tanda lainnya? Maka kamu bisa baca diartikel ini menjelaskan, tanda-tanda kiamat.

Mendengar nama kiamat, kesan yang muncul ialah kengerian dan ketakutan, karena pada hari itu adalah hari penghancuran besar-besaran. Manusia dan mahluk apapun yang mengalaminya tidak akan selamat, kemanapun mereka bersembunyi, kiamat akan mereka rasakan.

Pada hari itulah manusia akan dimatikan, dan seluruh mahluk. Hari itu hari pembalasan. Dan, Rasulullah SAW semasa hidupnya mengatakan bahwa hari itu sudah amat dekat, padahal beliau hidup sekitar 15 abad lalu. Apalagi dijaman kita ini, tentunya kiamat semakin dekat lagi.

Oleh karena itu guna mengingatkan saudara-saudari seiman, artikel ini akan memaparkan tanda-tanda kiamat menurut Al Quran dan betapa tanda itu sebenarnya sudah banyak kita saksikan kini. Silahkan disimak ya akhiy wa ukhtiy !
Kiamat

Tanda-tanda Kiamat Besar dalam Surat Al-Zalzalah

Berikut ini adalah firman Allah SWT, dalam Selain surat Al-Qiyamah, penjelasan mengenai kiamat terdapat pula dalam firman Allah Swt. QS. Al-Zalzalah ayat 1 sampai 8 mengenai tanda-tanda kiamat:

"Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?", pada hari itu bumi menceritakan beritanya karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula."

Pada hari itu semua yang pernah manusia lakukan semasa hidup, akan diperlihatkan kepadanya, perbuatan baik dan jahar sekecil apapun bobotnya akan tampak dimatanya.

Tentu sebagai bukti bahwa Allah SWT menciptkan manusia bukan karena alasan senda-gurau, namun semua itu ada konsekuensinya. Allah SWT tidak menciptakan manusia pula jin kecuali untuk ibadah pada-Nya.

Dan pada hari kiamat, maka manusia dimintai pertanggung-jawaban manusia atas perbuataan mereka saat diamanati hidup di bumi ini.

Dihari itu, tiada manusia yang dapat menolong manusia lainnya. Tidak pula ayah kepada isteri atau anaknya, juga sebaliknya. Masing-masing manusia mempertanggung-jawabkan dirinya masing-masing.

Insya Allah kita adalah tergolong manusia-manusia yang beruntung pada hari itu. Amiiin Allahuma Amiiin.

Surat QS. Al-Infithaar ayat 1 hingga 19 memaparkan lagi deskripsi lebih detil mengenai hari kiamat, yakni:
  1. Apabila langit terbelah, 
  2. dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, 
  3. dan apabila lautan menjadikan meluap, 
  4. dan apabila kuburan-kuburan dibongkar, 
  5. maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya. 
  6. Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. 
  7. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang, 
  8. dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu. 
  9. Bukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan hari pembalasan. 
  10. Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), 
  11. yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), 
  12. mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan. 
  13. Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti benar-benar berada dalam syurga yang penuh kenikmatan, 
  14. dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka benar-benar berada dalam neraka. 
  15. Mereka masuk ke dalamnya pada hari pembalasan. 
  16. Dan mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari neraka itu. 
  17. Tahukah kamu apakah hari pembalasan itu? 
  18. Sekali lagi, tahukah kamu apakah hari pembalasan itu? 
  19. (Yaitu) hari (ketika) seseorang tidak berdaya sedikitpun untuk menolong orang lain. Dan segala urusan pada hari itu dalam kekuasaan Allah. 

Tanda-tanda Kiamat Besar

Berikut inilah tanda-tanda kiamat besar yang anda wajib ketahui.
  • Waktu terasa amat cepat berputar.
  • Banyaknya perzinahan dan sekarang seolah-olah sudah menjadi sesuatu hal yang biasa atau lumrah.
  • Terdapat banyak tempat jual beli dengan jarak yang berdekatan. Coba bayangkan, sekarang setiap orang sudah mulai mencoba mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara berjualan.
  • Ketika seseorang merasa jika berdoa di Mekah, maka doanya akan cepat terkabul. Jelas sekali mengenai hal ini, banyak orang yang berbondong-bondong berangkat ibadah haji atau umrah sampai beberapa kali dengan harapan bahwa jika berdoa di Mekah, maka doanya akan cepat terkabul. Padahal sebenarnya pandangan itu sangatlah salah karena Allah itu dekat dan bahkan lebih dekat dari urat nadimu.
  • Munculnya Dajjal, Imam Mahdi, dan munculnya nabi palsu.
  • Terbitnya matahari dari sebelam barat dan tenggelam di sebelah timur. Hal tersebut merupakan kebalikan dari keseharian matahari terbit dari timur dan tenggelam dari sebelah barat.
  • Turunya Isa Almasih ke bumi.
  • Adanya Majjuj dan Yajjuj.
  • Orang-orang akan berlomba-lomba dalam menghias masjid sehingga terlihat megah. Namun sayangnya pengunjung masjid semakin sedikit sehingga masjid tersebut hanya dijadikan sebagai tempat yang memukau pengunjungnya.
  • Munculnya banyak binatang aneh. Mungkin kita sering melihat laporan berita di televisi mengenai binatang berwajah aneh atau binatang memiliki kaki aneh.

0 Response to "Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al Quran"

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda karena komentar merupakan salah satu dari sekian bentuk apresiasi pengunjung kepada saya. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Sukses selalu !